Materi Sepak Bola

Di dasarnya, satu tim soccer terdiri dari 1 orang penjaga gawang, 2-5 orang pemain bertahan, 2-5 jamaah pemain tengah, dan 1-3 orang penyerang. Penjaga gawang (kiper) adalah satu-satunya pemain dalam sebuah tim yg boleh menggunakan tangan untuk menghalangi bola menuju gawang dari serangan tim lawan.

Umumnya, penjaga gawang mengenakan pakaian (jersey) yang berbeda dengan pemain lainnya. Player bertahan (back) memiliki tugas utama untuk menghalangi dan menutup pergerakan tim lawan. Pemain tengah (gelandang/playmaker) rata-rata terdiri dari pemain tengah serang yang bermain dekat dengan penyerang dan player tengah bertahan yang bermain dekat dengan pemain tetap.

Dari sebuah pertandingan resmi, 3 poin diberikan kepada tim pemenang, zero poin untuk tim yg kalah dan masing-masing just one poin untuk dua tim yang bermain imbang. Walaupun demikian, pemenang sebuah match sepak bola dapat dibatalkan sewaktu-waktu atas skandal serta tindakan kriminal yang pasti di kemudian hari. Sebuah laga sepak bola menghasilkan dimenangkan secara otomatis akibat sebuah tim dengan 3-0 apabila tim lawan sengaja mengundurkan diri dari kompetisi (Walk Out). Di dalam permainan bolakaki, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh member badan kecuali tangan serta lengan.

Tugas utama pemain tengah adalah mengatur tempo pertandingan dan menjadi penyokong peran bek dan striker dalam tim. Terdapat pula pemain sayap (winger) yang bertugas di sisi kanan atau kiri lapangan. Penyerang (striker) memiliki tugas utama buat mencetak gol ke gawang lawan. Tim yang mencetak gol paling banyak dalam akhir pertandingan menjadi pemenangnya. Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, hingga dapat dilakukan undian, perpanjangan waktu maupun adu penalti, bergantung pada format penyelenggaraan kejuaraan.

Hanya penjaga gawang atau kiper yang dibolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan. Sepak adulador merupakan permainan beregu yg masing-masing regu terdiri arah sebelas pemain. Biasanya permainan sepak bola dimainkan pada dua babak (2×45 menit) dengan waktu istirahat (10 menit) di antara 2 babak tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *